Bawaslu Ajak Mahasiswa Ikut Pantau Pelaksanaan Pemilu - MERDEKA POS

Sunday, March 3, 2019

Bawaslu Ajak Mahasiswa Ikut Pantau Pelaksanaan Pemilu

Bawaslu Ajak Mahasiswa Ikut Pantau Pelaksanaan Pemilu


SUARAMERDEKA.CO.ID ■ Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang terus menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif kepada masyarakat. Setelah sebelumnya menggelar sosialisasi di kawasan Resosialisasi Argorejo atau yang populer disebut Sunan Kuning, kemarin Bawaslu Jateng melaksanakan acara serupa di Kampus Universitas Negeri Semarang (Unnes), Gunungpati.

Menurut Komisioner Bawaslu Kota Semarang, Naya Amin Zaini dipilihnya Unnes karena pihaknya menilai mahasiswa merupakan bagian dari pemilih milenial yang jumlahnya mencapai 30-40% dari daftar pemilih tetap (DPT) secara nasional.

Selain itu, katanya, mahasiswa juga banyak yang menjadi bagian swing voters sehingga suaranya kerap diperebutkan kontestan pemilu.

"Bawaslu berharap dengan adanya kegiatan ini akan menggerakkan para mahasiswa untuk membuat gerakan yang sistematis dalam mengampanyekan gerakan anti money politics, anti-SARA, dan anti ujaran kebencian melalui media sosial," ujar Naya dalam siaran pers yang diterima redaksi, hari ini. (03/03).

Menanggapi acara ini, Ketua DPC Persatuan Mahasiswa Hukum (Permahi) Semarang, Alex Pamungkas, mengaku siap menindaklanjuti hasil sosialisasi dengan Bawaslu tersebut. Bahkan, Permahi Semarang siap mengerahkan anggotanya sebagai pemantau pemilu melalui lembaga yang sudah ada di Semarang, seperti Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro)

"Permahi terkendala administrasi dan pendanaan, sehingga bergabung dengan pemantau pemilu yang sudah ada menjadi pilihan yang strategis," ujar Alex.

Dalam acara sosialisasi bertajuk Ngerumpi Bareng Pemilu itu turut hadir beberapa aktivis mahasiswa yang tergabung dalam BEM Fakultas Hukum dan UKM Matahati. Acara kemudian ditutup dengan pembacaan ikrar bersama menolak money politics.  (rls)

loading...

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

© Copyright 2018 MERDEKA POS | All Right Reserved