5.000 Polisi Jaga Debat Pilpres 2019 Malam Ini - MERDEKA POS

Saturday, March 30, 2019

5.000 Polisi Jaga Debat Pilpres 2019 Malam Ini

  5.000 Polisi Jaga Debat Pilpres 2019 Malam Ini

  5.000 Polisi Jaga Debat Pilpres 2019 Malam Ini

SUARAMERDEKA.co.id ■ Aparat kepolisian akan memberikan pengamanan ketat pada Debat Pilpres 2019 ronde keempat yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Hotel Shangri-la, Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Selain menerjunkan sekitar 5.000 anggotanya, Mabes Polri mendapat bantuan 600 prajurit dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Polri juga akan menggunakan CCTV berteknologi face recognition atau pendeteksi wajah untuk mengetahui siapa saja yang hadir saat Debat Pilpres 2019 putaran keempat.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo mengatakan bahwa pengamanan dibagi ke dalam empat ring.

Ring pertama berada di sekitar kandidat yang melakukan debat di Hotel Shangri-la, ring kedua di luar ruangan debat, ring ketiga di luar hotel, dan ring terakhir, yang diisi personel Polisi Lalu Lintas, mengatur lalu lintas di luar hotel.

Menurut Dedi, pada H-1 menjelang debat kandidat, semua lokasi akan disterilisasi dari segala potensi ancaman teror. “H-1 sudah kami lakukan sterilisasi,” ujarnya, Jumat (29/3/2019).

Dedi memastikan TNI-Polri akan profesional mengamankan seluruh lokasi debat putaran keempat untuk menghindari ancaman teror. Minimalisasi potensi teror juga dilakukan dengan penggunaan kamera berteknologi face recognition.

Melalui teknologi kamera tersebut, anggota Polri dapat langsung mengidentifikasi orang yang diduga sebagai pelaku teror.

“Jadi melalui kamera face recognition ini kita jadi bisa merekam siapa saja yang hadir dan merekam wajahnya. Jadi siapa pun yang hadir bisa dilihat langsung datanya,” tutur Dedi.

Kamera CCTV berteknologi face recognition tersebut sudah digunakan Polri pada debat putaran kedua dan ketiga. Menurut Dedi kamera tersebut akan dipasang di beberapa mobil khusus.

loading...

BERITA TERKAIT

BERITA TERBARU

© Copyright 2018 MERDEKA POS | All Right Reserved