Warga Banyuwangi Gelar Ritual Tumpengan Sambut Tahun Baru Islam

Masyarakat Desa Tampo, Kecamatan Cluring, Banyuwangi mulai dari tokoh Agama, tokoh masyarakat, pemuda dan seluruh elemen masyarakat mengadakan ritual tumpengan untuk menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1440 H.

Mereka menggelar puluhan tumpeng yang diarak keliling Desa yang diikuti oleh seluruh warga Desa, Senen (10/9/2018).

Pemberangkatan arak – arakkan puluhan tumpeng yang dimulai dari Balai Desa dan berakhir di RUang Terbuka Hijau (RTH) lapangan Tampo Kades Tampo Suparno mengatakan kegiatan arak tumpeng ini menyambut tahun baru islam.

Ritual tumpeng yang tujuannya untuk menyambut Tahun Baru Islam dan 1 suro agar masyarakat Desa Tampo terhindar dari segala mara bahaya, “dalam acara ritual tersebut kita meminta kepada tuhan yang Maha Kuasa yaitu Allah SWT agar seluruh warga Desa terhindar dari segala mara bahaya dan dimudahkan segalanya,” ujar mbah Din salah satu warga yang mengikuti kegiatan tumpengan.

Kepala Desa Tampo Suparno dalam sambutanya mengatakan dengan diadakannya acara ritual tumpengan dalam menyambut tahun baru islam semoga masyarakat yang ada Desa Tampo, diberi kesehatan, keselamatan dan berkah.

“Mudah – mudahan dengan digelarnya acara ritual ini bisa membawa berkah dan menjadi lebih baik dari tahun lalu dan kita semua diberi kesehatan dan umur panjang untuk menata kehidupan yang akan datang,”bebernya.

Dengan diadakanya kegiatan ini kita bersama mengucap rasa syukur kepada Alloh SWT karena masih bisa berjumpa dengan tahun baru islam 1440 H, “kegiatan tumpengan yang diarak keliling ini berjalan dengan lancar aman dan berkah," pungkasnya. (Gus/Ucup).

Belum ada Komentar untuk " Warga Banyuwangi Gelar Ritual Tumpengan Sambut Tahun Baru Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel